Analisis Implementasi Basic Index PPK BLUD Pada Insentif Perawat di RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur

Analisis Implementasi Basic Index PPK BLUD Pada Insentif Perawat di RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur

 

Diah Nurlita, MARS[1], Dra. Dumilah Ayuningtyas, MARS[2]

Nursing Insentive Implementation Analysis Based On Basic Index PPK BLUD in Pasar Rebo Regional Hospital East Jakarta

 

Abstrak

 

RSUD Pasar Rebo sebagai BLUD, masih menerapkan remunerasi pada tahun 1992, ini mengindikasikan ketidaksesuaian antara status BLUD dengan remunerasi yang diterapkan. Salah satu profesi yang menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dan berperan cukup besar dalam menjaga mutu dan reputasi Rumah Sakit adalah perawat. Maka manajemen Rumah Sakit perlu memperhatikan kesejahteraan perawat khususnya dalam bentuk insentif. Pemerintah mengeluarkan Permendagri No. 6 Tahun 2007 yang dapat dijadikan acuan RSUD Pasar rebo dalam menyempurnakan penetuan insentif untuk perawat, dimana salah satu indikator penentuan insentif adalah dengan memperhatikan Basic Index.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan insentif untuk perawat ynag berlaku di RSUD Pasar Rebo, serta menganalisis implementasi insentif perawat berdasarkan Permendagri No. 61 Tahun 2007 di RSUD Pasar Rebo. Penelitian operasional dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan teknik Wawancara Mendalam. Informan penelitian adalah beberapa pejabat pengelola terkait serta Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Pasar Rebo, pejabat pengelola dan Direksi PT Rumah sakit Pasar Rebo sebagai Informan Triangulasi.

Hasil penelitian ini menggambarkan insentif perawat yang berlaku di RSUD Pasar Rebo dinilai dari Variabel Tetap dan Tidak Tetap. Pola penentuan insentif yang berlaku di RSUD Pasar Rebo sudah ada unsur Basic Index. Saran penelitian ini adalah penetuan insentif di RSUD Pasar Rebo didasarkan pada prestasi kerja perawat, RSUD Pasar Rebo dapat mengacu pada Permendagri No. 6 Tahun 2007. Basic Index sudah ada dalam sistem remunerasi RSUD Pasar Rebo, untuk selanjutnya dapat memasukkan indikator lainnya seperti Risiko Kerja, Tingkat Kegawatdaruratan dan pengoptimalan indikator Capaian Kinerja dalam menentukan insentif peraat di RSUD Pasar Rebo, serta peningkatan komitmen bersama dari unsur pimpinan dan Pejabat Pelaksana di RSUD Pasar Rebo.

 

Kata Kunci : PPK BLUD, Perawat, RSUD Pasar Rebo

[1] Dosen di Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya

[2] Dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Download  Jurnal Analisis Implementasi Basic Index PPK BLUD Pada Insentif Perawat di RSUD Pasar Rebo Jakarta Timur

Jurnal ini dimuat dalam Jurnal Vol 4 No.12 Januari 2017


Leave a Reply